Subscribe: RSS Twitter

Bagyo-2Membaca beberapa judul tulisan media online yang di link ke jejaring sosial seperti FB dan Twitter, sering kali antara judul tidak sesuai atau tidak relevan dengan isinya.

Jika dibaca sampai akhir bahkan ada yang bersambung 1,2,3…selanjutnya…tidak juga nyambung dengan judulnya. Demikian juga dengan komentar pembaca, bisa saja komentar pertama dan berikutnya masih terkait…makin lama makin bias, saling menghina sering akhirnya yang muncul soal Suku, Ras, Agama.

Seringkali berita yang di publish hanya akan menimbulkan persepsi negatif kepada subjek berita, lalu kemudian hanya menjadi fitnah karena komentar yang belakangan datang tidak lagi mengomentari tulisan, tetapi mengomentari komentar sebelumnya.

Sepertinya hal  ini bukanlah sesuatu yang perlu dilestarikan oleh siapapun kita, apalagi jika kebetulan berprofesi sebagai jurnalis. “Sahabat Jurnalis” Ayo menulis untuk berbagi informasi yang mencerdaskan, agar kami pembaca bisa mendiskusikannya dengan komentar yang berdasar kepada fakta yang sebenarnya, bukan komentar yang saling mencaci maki, memfitnah.

Membuat informasi yang tidak bermanfaat, dan mengomentarinya dengan bahasa yang tidak terpuji hanya akan merendahkan martabat kemanusian kita.

Walaupun media Televisi tidak sepenuhnya mendidik namun nampak lebih baik dari cara memberitakannya, karena jelas terlihat siapa yang mengucapkan dan apa yang dikatakan.

Setidaknya kita semua sebagai pembaca tidak sesuka hati dapat menghakami sesuatu, yang bisa jadi kita sendiri tidak bisa menakar kebenaran informasi yang kita terima. /[iP]

Be Sociable, Share!

Coment On Facebook

Leave a Reply

© 6235 Irwan Putra · Subscribe: RSS Twitter · Irwantra Media designed by idp technology