Subscribe: RSS Twitter

CmLkRDiUsAASkvKRutinitas setiap tahun, menyambut hari nan fitri, rasanya tidak akan terlewatkan tanpa mengunjugi handai taulan di kampung halaman. Berkeliling ke kerabat dekat di kota tempat tinggal pun tetap jadi pilihan baik di hari baik. Hayo, sudah mempersiapkan kendaraan andalan buat berkeliling belum?

Meski dipakai sehari-hari dan sangat mengetahui kondisinya, tetap butuh persiapan buat mudik. Karena mobil bakal diajak menempuh perjalanan jarak jauh. Tentu perlu menjaganya tetap tangguh dan tidak terjadi gangguan kerusakan selama perjalanan.

Kriteria Kendaraan Yang Digunakan Untuk Mudik Ke Kampung Halaman.

Kendaraan yang digunakan untuk keperluan mudik bukan harus mobil baru dengan merek tertentu. Fungsi kendaraan bukan hanya untuk mengangkat dan mengangkut orang dan barang, tetapi juga harus memberikan perlindungan, keamanan dan kenyamanan selama dalam penggunaannya, setidaknya bisa memperhatikan kriteria berikut,

  1. Secara Teknis Kendaraan Yang Digunakan untuk mudik/liburan adalah kendaraan yang layak jalan. Yang bisa menentukan kendaraan layak atau tidak layak digunakan tentu kendaraan yang sudah melewati serangkaian pemeriksaan oleh seseorang yang memiliki kompetensi di bidang tersebut…sebut saja mekanik yang dipercaya atau sudah terbiasa menangani pemeriksaan dan perbaikan terhadap kerusakan.
  2. Kendaraan yang digunakan adalah yang dapat melindungi penggunanya dari panas terik matahari, dari terpaan anggin, dan curahan air hujan. Dan dari gangguan serta bahaya lain selama perjalanan. Oleh karenanya kendaraan yang digunakan mestilah kendaraan tertutup. Bukan kendaraan terbuka seperti PICK-UP, TRUCK, BECAK, atau SEPEDA MOTOR.
  3. Kendaraan yang digunakan tentu yang dapat memuat penumpang dalam jumlah banyak, setidaknya seluruh anggota keluarga bisa masuk dengan aman dan nyaman. Jika anggota kelurga berjumlah sedikit, setidaknya barang-barang bawaan masih punya tempat untuk dimasukkan ke dalam kendaraan.
  4. Tidak mengisi penumpang melebihi kapasitas jumlah tempat duduk, sebisa mungkin tidak ada yang harus di pangku, anak-anak semestinya juga mendapatkan tempat duduk dengan area yang cukup leluasa, tidak menempatkan apalagi memangku anak-anak di kursi depan samping pengemudi.
  5. Jika seorang suami yang mengemudi sendiri, dan membawa anak kecil, maka istrinya tidak harus duduk di depan, gantikan dengan orang dewasa lain, agar bisa membantu mengawasi situasi selama perjalanan. Istri focus saja menemani anak-anak di barisan belakang.

Persiapkan Kendaraan Sebelum Keberangkatan.

Periksa semua sistem yang beroperasi pada kendaraan selama perjalanan mudik.

  1. Sistem Penerangan dan Tanda: Periksa semua fungsi lampu-lampu kendaraan, lampu depan, lampu senja, lampu tanda belok, lampu tanda mundur, lampu rem.
  2. Sistem Pelumasan Kendaraan: Setidaknya pengecekan Oli. Apakah oli masih layak pakai, atau sudah saatnya di ganti termasuk juga filter olinya.
  3. Sistem Pendingin: Periksa Air Radiator apakah air berada pada batas yang ditentukan oleh indicator pada manual spesifikasinya, apakah ada kebocoran air radiatornya, periksa selang-selang penghubung antara komponen yang saling terkait.
  4. Sistem Starter dan Sistem pengisian: Apakah kerja system starter dan pengisian batterainya bekerja dengan normal. Periksa air aki apakah berada pada batas yang ditentukan.
  5. Sistem Kemudi: Periksa apakah kendaraan nyaman saat dikemudikan, periksa semua sambungan jangan sampai ada yang kendor, bagaimana dengan keadaan BAN, sudah tipis atau masih tebal, apakah ada “luka sobek” atau tonjolan. Perlukah di Spooring atau balancing.
  6. Periksa system dan fungsi kerja rem secara menyeluruh, apakah kapasitas “minyak rem” atau ketebalan kanvas rem masih sesuai dengan ketentuan
  7. Periksa system kelistrikan tambahan, seperti Audio Visual, perjalanan jauh pasti membutuhkan hiburan untuk mengjilangkan penat di jalan, apalagi menghadapi saat saat kemacetan.
  8. Periksa fungsi system AC.

Persiapkan Pengemudi dan Penumpang Yang Akan Mudik.

Periksa dan persiapkan semua perlengkapan dan kebutuhan pribadi bisa jadi ada perlengkapan khusus yang tidak tersedia, dan tidak mudah ditemukan selama perjalanan mudik.

  1. Pastikan membawa tanda pengenal (KTP) bagi yang sudah dipersyaratkan memiliki KTP bisa saja ada pemeriksaan selama perjalanan
  2. Membawa obat-obatan, terutama bagi yang membawa anak-anak dan orang tua, tentu masing-masing keluarga sudah mengetahui obat-obatan apa yang dibutuhkan oleh anggota keluarganya.
  3. Memastikan titik titik lokasi Bengkel, SPBU, Kantor Polisi, Puskesmas atau Rumah Sakit di sepanjang jalur yang di lalui.
  4. Ada baiknya menerapkan penggunaan GPS, untuk pilihan informasi bantuan selama perjalanan
  5. Pastikan sudah menyimpan No. Panggilan Darurat, No. Info TOL atau Info Derek di jalur yang dilalui.
  6. Pastikan manyiapkan uang kecil (Koin), banyak kemungkinan bisa terjadi di perjalanan.
  7. Pastikan Bahan Bakar Cukup sampai SPBU Berikutnya.
  8. Jika perjalanan di lakukan malam hari sebaiknya berkonvoi atau berkelompok dengan pengemudi lainnya.
  9. Pastikan Titik Titik Rest Area, dan manfaatkan Rest Area secara maksimal untuk berbagai keperluan.
  10. Patuhi semua rambu-rambu lalu lintas, dan batas keccepatan yang ditentukan

Jika kondisi mobil sudah oke, kini saatnya Anda mempersiapkan kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Jangan lupa bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman.

Terakhir, cek masa berlaku STNK dan SIM Anda, siapa tahu waktunya harus diperpanjang. Jika semua sudah beres, kini tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh yang mungkin saja melelahkan. Selamat mudik.

Lebaran 1437 H tinggal hitungan Hari lagi, Insya Allah Hari Rabu 06 Juli 2016. APTO Indonesia mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

*Disarikan dari Dialog APTO Indonesia dengan 100.6FM Heartline Radio
Be Sociable, Share!

Coment On Facebook

Leave a Reply

© 6182 Irwan Putra · Subscribe: RSS Twitter · Irwantra Media designed by idp technology