Subscribe: RSS Twitter

 

Mobil Presiden

PRESIDEN ke-44 AS, Barack Obama akan mengendarai mobil dinas baru Cadillac One yang berharga 450.000 dolar AS (senilai RP 4,95 miliar) pada parade pelantikannya, Selasa (20/1) mendatang. Mobil kepresidenan ini diklaim sebagai perpaduan antara truk, mobil, dan tank M1 Abrahams.

Sebenarnya Obama menginginkan Gedung Putih untuk mulai menggunakan kendaraan listrik dan hibrida, menggantikan mobil yang boros bahan bakar sejak awal masa jabatannya pada Januari 2009. Namun harapan Obama untuk menggunakan mobil hibrida sebagai kendaraan dinas tidak terkabul karena pertimbangan keselamatan. Selama masa kampanye dan menunggu masa pelantikannya, Obama menggunakan Ford Escape Hybrid.

Mobil dinas Obama yang bernama Cadillac One itu dibuat General Motors dengan memakai basis pikap GM 2500 Suburban. Teknologi perlindungannya dirancang maksimal sesuai dengan standar pengamanan Presiden AS. GM memasang kaca jendela berketebalan 5 inci yang dua kali lebih tebal dari standar mobil presiden zaman Ronald Reagan, George Bush Senior, dan Bill Clinton.

Sebagai perbandingan, kaca mobil yang memiliki ukuran 0,5 inci saja memiliki kemampuan menahan tembakan peluru dari pistol kaliber besar Magnum 44. Kaca mobil dengan ketebalan antara 1,25 hingga 1,5 inci mampu menahan peluru dari senapan serbu.

Untuk bodi kendaraan digunakan baja berteknologi dual hardness, alumunium, titanium, dan keramik. Bodi mobil ini secara khusus juga dirancang untuk tahan terhadap serangan roket peluncur tangan. Mesinnya menggunakan diesel 6.500 cc yang mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk 5 km.

Kabin mobil dilengkapi dengan lapisan interior khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia berbahaya dan peralatan elektronik canggih. Meski begitu, GM tidak melupakan sisi kenyamanan, melengkapi Cadillac One dengan berbagai alat hiburan termasuk perangkat CD berkemampuan 10 disc untuk memutar musik kegemaran Obama, yaitu Stevie Wonder dan Bob Dylan.

Tidak seperti Presiden AS sebelumnya, Barack Obama tidak bisa memamerkan mobil ini di museum pribadinya. Hal ini disebabkan, sejak Februari 2004, pemerintah AS mengeluarkan ketentuan khusus bahwa mobil yang sudah tidak dipergunakan harus dimusnahkan secret service.

Bill Clinton adalah Presiden AS terakhir yang bisa memamerkan mobil dinasnya Cadillac Fleetwood buatan 1993 di Clinton Presidential Library di Little Rock, Arkansas. Namun hanya petugas dinas rahasia saja yang bisa membuka kabin mobil. Bahkan untuk urusan membersihkan interior petugas harus menghubungi dinas rahasia AS.

Tahun 2009 bertepatan dengan perayaan satu abad Gedung Putih memanfaatkan kendaraan bermotor. Pada awalnya mobil dinas Presiden AS tidak memiliki spesifikasi khusus. Presiden AS yang menggunakan mobil dinas pertama adalah William Howard Taft yaitu mobil uap White model M, Pierce Arrow, dan Baker Electric pada 1909.

Kebijakan membuat mobil khusus mulai diterapkan pada tahun 1939. Hal ini menyusul upaya pembunuhan terhadap Presiden Franklin Delano Roosevelt. Gedung Putih memesan mobil buatan Ford yaitu Lincoln V12 convertible.

Ronald Reagan mengakhiri dominasi Ford pada Januari 1983 dengan memilih Cadillac Fleetwoods. (ovi)***

.

Be Sociable, Share!

Coment On Facebook

Leave a Reply

© 6335 Irwan Putra · Subscribe: RSS Twitter · Irwantra Media designed by idp technology