Subscribe: RSS Twitter

Slide2

Lembaga Kursus dan Pelatihan, sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan nonformal (UU No.20/2003 pasal 26 ayat 4) perlu terus ditingkatkan mutu, relevansi dan kemampuan daya saingnya.

Lembaga yang bermutu, relevan dan berdaya saing hanya bisa terwujud jika terjadi suasana ” persaingan positif ” antar lembaga kursus dan pelatihan.

Sampai dengan bulan Agustus 2008, jumlah lembaga kursus dan pelatihan masih belum berubah dari 13.457 lembaga (sumber : Subdit Pengembangan Informasi Kursus, Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Th.2008). Dari sekian banyak lembaga kursus tersebut, sebagian besar masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, sedangkan di pulau lain masih sangat kurang. Dilihat dari mutu kelembagaan, sarana­prasarana, program, manajemen, investasi dan lulusan lembaga kursus sangat beragam.

Keberagaman inilah yang mendasari perlu adanya lembaga kursus dan pelatihan yang dapat dijadikan contoh/panutan dalam pengembangan kualitas lembaga, program, manajemen dan lulusan. Hasil pelaksanaan lomba pada tahun-tahun sebelumnya juga terlihat sebaran pemenang masih banyak yang berasal dari pulau Jawa, sedangkan pemenang dari luar jawa masih sedikit.

Berdasarkan data dan fakta diatas, melalui Lomba Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010 diharapkan ditemukan lembaga-lembaga kursus dan pelatihan lainnya khususnya yang berasal dari luar jawa yang dapat dijadikan contoh oleh lembaga kursus dan pelatihan lainnya, dalam hal peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, sehingga perbedaan kualitas dan kuantitas antara lembaga kursus dan pelatihan antara pulau jawa dan luar Jawa dapat tereduksi, sehingga pada akhirnya nanti semakin banyak lembaga kursus dan pelatihannya memenuhi standar nasional dan internasional. Disamping itu, diharapkan juga dari kegiatan lomba ditemukan indikator-indikator yang dapat dijadikan acuan atau referensi oleh semua pihak termasuk Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) dalam pengembangan instrumen standarisasi kelembagaan kursus dan pelatihan.

KATEGORI DAN JENIS LOMBA

Lembaga Kursus dan Pelatihan yang dapat mengikuti Lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Th. 2010 dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori LKP  Nasional/internasional dan LKP Standar Pelayanan Minimal (SPM)/rintisan.

Lomba LKP berprestasi tingkat Nasional juga dibagi menjadi dua jenis yaitu : Lembaga kursus dan pelatihan jenis vokasional dan lembaga kursus dan pelatihan jenis non vokasional. Secara umum LKP yang dapat mengikuti lomba lembaga kursus dan pelatihan berprestasi adalah sesuai rumpun kursus sebagai berikut :

No Kategori Jenis Lomba Jenis Keterampilan
1 LKP Nasiona / Internasional Kelompok Vokasional KPP (Orientasi Luar Negeri)
2 LKP Nasional / Internasional Kelompok Vokasional Vokasi Orientasi Dalam Negeri
3 LKP Nasional / Internasional Kelompok Non Vokasional Non Vokasi Orientasi Dalam Negeri
4 LKP SPM / Rintisan Kelompok Vokasional Vokasi Orientasi Dalam Negeri
LKP SPM / Rintisan Kelompok Non Vokasional Non Vokasi Orientasi Dalam Negeri

Kegiatan Lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010 diharapkan mampu mendorong upaya peningkatan mutu pengelolaan dan pelayanan lembaga serta lulusannya agar dapat bersaing di pasar kerja lokal, nasional, dan internasional. Hal ini sangat penting untuk menciptakan iklim pembinaan dan pengembangan kursus yang mengedepankan mutu, akuntabilitas dan pencitraan publik sebagai bentuk tanggungjawab terhadap pelayanan publik. LKP anda tentu akan ambil bagian dalam kegiatan ini, maka lakukanlah persiapan sejak dini../Irwan

.

Be Sociable, Share!

Coment On Facebook

Leave a Reply

© 6363 Irwan Putra · Subscribe: RSS Twitter · Irwantra Media designed by idp technology